Pages

Thursday, March 22, 2018

Jasa Layanan Informasi Perpustakaan SMA

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
      Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan formal di pendidikan dasar, menengah dan atas yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan. Perpustakaan sekolah juga merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan. Ada beberara fungsi dari perpustakaan sekolah, yaitu :
1. Fungsi Informasi, perpustakaan menyediakan sumber-sumber informasi yang beraneka ragam, bermutu dan mutakhir.
2. Fungsi Pendidikan, membangkitkan kegemaran membaca anak didik/siswa melalui proses belajar mengajar yang tersusun sesuai dengan program yang ditetapkan.
3. Fungsi Rekreasi, menyediakan bahan pustaka yang bersifat menghibur seperti novel, komik dsb.
4. Fungsi Administrasi, menjalankan fungsinya dengan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut dalam bentuk kegiatan pencatatan, penyeleksian, pemprosesan bahan pustaka dan penyelenggaraan layanan secara efektif dan efisien.
5. Fungsi Pelestarian dan Deposit, perpustakaan melestarikan dan menyimpan karya dari siswa maupun staf pengajar.

B.  Rumusan Masalah
1. Apa saja jenis layanan yang dilakukan pada Perpustakaan Sekolah SMA N. 1 Barona Jaya?
2. Bagaimana sistem layanan yang diterapkan di Perpustakaan Sekolah SMA N. 1 Barona Jaya?
3. Apa saja konsep yang harus diperbaiki pada Perpustakaan Sekolah Barona Jaya ?    
   
BAB II
PEMBAHASAN

A.  Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya
Perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya merupakan tempat para siswa mencari informasi yang mereka butuhkan dan juga menjadi tempat mereka menyelesaikan tugas-tugas mata pelajaran.  Pada perpustakaan sekolah ini memiliki tiga orang petugas perpustakaan. Ketiga petugas tersebut bekerja sama dalam menjalankan kegiatan perpustakaan baik dalam hal pengadaan, pengolahan, maupun di bagian sirkulasi.
Untuk pengadaan koleksi pada perpustakaan ini diperoleh dari pembelian yang di danai oleh sekolah dan juga ada pemberian hadiah dari alumni yang telah lulus.
Setiap semesternya perpustakaan langsung membagikan buku paket kepada siswa sesuai dengan kelas dan semesternya.
B.  Layanan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya
      Layanan perpustakaan sekolah disini merupakan proses penyebarluasan segala macam informasi kepada siswa yang merupakan sebagai pengguna perpustakaan. Ada 2 jenis layanan yang dilakukan di perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya, yaitu :
1. Layanan Sirkulasi
Pada Perpustakaan sekolah Negeri 1 Barona Jaya layanan sirkulasi merupakan kegiatan di perpustakaan ini yang melayani peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku. Cara layanan sirkulasi pada perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya yaitu sistem daftar (Ledger System), sistem ini dilakukan secara manual menggunakan buku  dengan membuat kolom untuk mencatat tanggal pinjam, nama peminjam, kelas, judul buku, tanggal kembali dan paraf. Hal ini dilakukan kerena pada perpustakaan tersebut belum menggunakan sistem kartu. Untuk layanan sirkulasi dibagi menjadi dua proses yaitu:
a.  Proses peminjaman buku
Langkah-langkah peminjaman adalah sebagai berikut :
1. Perpustakaan  ini  menggunakan sistem terbuka, peminjam mengambilsendiri buku yang akan dipinjam dari rak buku, kemudian dibawa ke petugas yang melayani peminjaman.
2. Peminjam  (siswa)  memperlihatkan  buku  yang  akan  di pinjamkan  kepada  petugas sirkulasi.
3. Pertugas mencatat judul buku dan identitas siswa yang akan meminjam buku.
4. Memberikan stempel tanggal pengembalian pada buku dan mengingatkan siswa.
b.  Proses pengembalian buku
Langkah-langkah pengembalian buku adalah sebagai berikut :
1. Peminjam buku langsung ke petugas dan menyerahkan buku yang dipinjamnya.
2. Jika ada keterlambatan, peminjam akan dikenakan sanksi yang telah tertulis dalam peraturan peminjaman.
3. Jika buku akan diperpanjang masa pinjamannya, maka petugas akan menambahkan lama waktu pengembalian buku tersebut.
2. Layanan Buka
Layanan buka perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya :
Ø  Senin – Kamis dan Sabtu   : 07.30 – 13.45
Ø  Jum’at                                 : 07.30 – 11.30
Ø  Minggu                               : Tutup

C.  Sistem Layanan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya
Sistem layanan di perpustakaan secara garis besar dibedakan menjadi dua sistem yaitu sistem layanan terbuka dan sistem layanan tertutup.
1.   Sistem layanan terbuka (open access)
Sistem layanan terbuka yaitu setiap pemakai perpustakaan dapat masuk bebas ke tempat penyimpanan atau ke rak-rak buku, dapat memilih langsung dan mengambilnya sendiri apabila ingin dibaca ataupun dipinjam.
Pada perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya, mereka mengguakan sistem layanan terbuka karena hal ini dirasa cukup efektif dan lebih memberi kebebasan kepada siswa untuk menelusur dan memilih buku yang mereka inginkan.  Kelebihan sistem pelayanan terbuka ini pengguna bebas memilih sendiri bahan pustaka yang ada di perpustakaan sesuai dengan kebutuhannya, dapat memberikan kebebasan pada pembaca untuk memilih, mencari dan menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan serta member kemudahan dalam pelayanan. Tetapi juga ada kelemahan (kekurangan) sistem layanan terbuka ini yaitu buku-buku yang ada kurang terpelihara dalam penyusunannya karena sering diambil dan dikembalikan sekehendak pemakai, kemungkinan hilang dan rusak sangat besar.
2.   Sistem layanan tertutup (close access)
Sistem layanan tertutup yaitu pemakai perpustakaan tidak boleh masuk ke ruang buku. Untuk memilih atau meminjam buku terlebih dahulu harus menggunakan katalog yang tersedia kemudian petugas yang akan mengambilkannya dan memprosesnya.

D.  Evaluasi Perpustakaan Sekolah Negeri 1 Barona Jaya
Ø  Untuk bagian pengadaan seharusnya pihak sekolah tidak hanya memperhatikan buku-buku teks pelajaran tetapi juga harus mengadakan buku-buku refensi dan fiksi seperti. Hal ini agar siswa lebih merasa betah dan tidak terlalu tegang dalam perpustakaan dan juga agar hal ini sesuai dengan tujuan perpustakaan yang menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi.
Ø  Untuk bagian pengolah dan penempatan buku tidak teratur, hal ini dikarena petugas tidak merevisi kembali buku-buku yang ada dirak. Seharusnya setiap hari petugas memperhatikan buku dirak dan disesuaikan dengan tempat yang seharusnya.
Ø  Untuk bagian sirkulasi masih menggunakan sistem catat, hal ini terlalu amat manual dan dirasa sangat tidak efektif. Seharusnya perpustakaan harus membuat kartu pustaka untuk siswa agar memudah kan siswa dan petugas dalam proses peminjaman dan pengembalian buku.
Ø  Hal ini yang harus diperbaiki agar siswa sebagai pengguna perpustakaan seolah lebih merasa lebih puas akan informasi dan layanan di perpustakaan seolah tersebut. 


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan dan Saran
Perpustakaan sebagai pusat layanan iformasi harus memperhatikan layanan dan cakupan informasi yang ada dalam perpustakaan tersebut. Hal ini harus diperhatikan agar lebih menjamin kepuasan pengguna terhadap perpustakaan dan data meningkatkan pengunjung ke perpustakaan.
  
DAFTAR PUSTAKA
Buyung Basyir. Manajemen Perpustakaan dan Modal Intelektual : Pengantar Manajemen Bahan Pustaka. Banda Aceh: Fakultas Adab-IAIN Ar-Raniry, 2012.
Jenis Layanan Perpustakaan. (2014). Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kabupaten Tegal. Dari: www.perpusarda.tegalkab.go.id. Diakses pada: 05 April 2014
Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1993.
Try Septiyantono. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yokyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab, 2007.



No comments:

Post a Comment