BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan
yang berada pada lembaga pendidikan formal di pendidikan dasar, menengah dan
atas yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan.
Perpustakaan sekolah juga merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung
tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan. Ada beberara fungsi dari
perpustakaan sekolah, yaitu :
1. Fungsi Informasi,
perpustakaan menyediakan sumber-sumber informasi yang beraneka ragam, bermutu
dan mutakhir.
2. Fungsi Pendidikan,
membangkitkan kegemaran membaca anak didik/siswa melalui proses belajar
mengajar yang tersusun sesuai dengan program yang ditetapkan.
3.
Fungsi Rekreasi, menyediakan bahan pustaka yang bersifat menghibur seperti
novel, komik dsb.
4. Fungsi Administrasi,
menjalankan fungsinya dengan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut dalam
bentuk kegiatan pencatatan, penyeleksian, pemprosesan bahan pustaka dan
penyelenggaraan layanan secara efektif dan efisien.
5.
Fungsi Pelestarian dan Deposit, perpustakaan melestarikan dan menyimpan
karya dari siswa maupun staf pengajar.
B. Rumusan Masalah
1. Apa saja jenis layanan yang dilakukan pada
Perpustakaan Sekolah SMA N. 1 Barona Jaya?
2. Bagaimana sistem layanan yang diterapkan di
Perpustakaan Sekolah SMA N. 1 Barona Jaya?
3. Apa saja konsep yang harus diperbaiki pada
Perpustakaan Sekolah Barona Jaya ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya
Perpustakaan
sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya merupakan tempat para siswa mencari informasi
yang mereka butuhkan dan juga menjadi tempat mereka menyelesaikan tugas-tugas
mata pelajaran. Pada perpustakaan
sekolah ini memiliki tiga orang petugas perpustakaan. Ketiga petugas tersebut
bekerja sama dalam menjalankan kegiatan perpustakaan baik dalam hal pengadaan,
pengolahan, maupun di bagian sirkulasi.
Untuk
pengadaan koleksi pada perpustakaan ini diperoleh dari pembelian yang di danai
oleh sekolah dan juga ada pemberian hadiah dari alumni yang telah lulus.
Setiap
semesternya perpustakaan langsung membagikan buku paket kepada siswa sesuai
dengan kelas dan semesternya.
B. Layanan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri 1
Barona Jaya
Layanan perpustakaan sekolah disini merupakan
proses penyebarluasan segala macam informasi kepada siswa yang merupakan
sebagai pengguna perpustakaan. Ada 2 jenis layanan yang dilakukan di
perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya, yaitu :
1.
Layanan Sirkulasi
Pada Perpustakaan
sekolah Negeri 1 Barona Jaya layanan sirkulasi merupakan kegiatan di
perpustakaan ini yang melayani peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku. Cara
layanan sirkulasi pada perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya yaitu sistem
daftar (Ledger System), sistem ini dilakukan secara manual menggunakan
buku dengan membuat kolom untuk mencatat
tanggal pinjam, nama peminjam, kelas, judul buku, tanggal kembali dan paraf.
Hal ini dilakukan kerena pada perpustakaan tersebut belum menggunakan sistem
kartu. Untuk layanan sirkulasi dibagi menjadi dua proses yaitu:
a. Proses peminjaman
buku
Langkah-langkah
peminjaman adalah sebagai berikut :
1. Perpustakaan ini menggunakan
sistem terbuka, peminjam mengambilsendiri buku yang akan dipinjam dari rak
buku, kemudian dibawa ke petugas yang melayani peminjaman.
2.
Peminjam (siswa) memperlihatkan buku yang akan di pinjamkan
kepada petugas sirkulasi.
3.
Pertugas mencatat judul buku dan identitas siswa yang akan meminjam buku.
4.
Memberikan stempel tanggal pengembalian pada buku dan mengingatkan siswa.
b. Proses pengembalian buku
Langkah-langkah
pengembalian buku adalah sebagai berikut :
1.
Peminjam buku langsung ke petugas dan menyerahkan buku yang dipinjamnya.
2. Jika ada
keterlambatan, peminjam akan dikenakan sanksi yang telah tertulis dalam peraturan
peminjaman.
3. Jika buku
akan diperpanjang masa pinjamannya, maka petugas akan menambahkan lama waktu
pengembalian buku tersebut.
2.
Layanan Buka
Layanan
buka perpustakaan sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya :
Ø Senin
– Kamis dan Sabtu : 07.30 – 13.45
Ø Jum’at : 07.30 – 11.30
Ø Minggu : Tutup
C. Sistem Layanan Perpustakaan Sekolah SMA Negeri
1 Barona Jaya
Sistem layanan di
perpustakaan secara garis besar dibedakan menjadi dua sistem yaitu sistem
layanan terbuka dan sistem layanan tertutup.
1. Sistem
layanan terbuka (open access)
Sistem layanan terbuka yaitu
setiap pemakai perpustakaan dapat masuk bebas ke tempat penyimpanan atau ke
rak-rak buku, dapat memilih langsung dan mengambilnya sendiri apabila ingin
dibaca ataupun dipinjam.
Pada perpustakaan
sekolah SMA Negeri 1 Barona Jaya, mereka mengguakan sistem layanan terbuka
karena hal ini dirasa cukup efektif dan lebih memberi kebebasan kepada siswa
untuk menelusur dan memilih buku yang mereka inginkan. Kelebihan sistem pelayanan terbuka ini
pengguna bebas memilih sendiri bahan pustaka yang ada di perpustakaan sesuai
dengan kebutuhannya, dapat memberikan kebebasan pada pembaca untuk memilih,
mencari dan menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan serta member kemudahan
dalam pelayanan. Tetapi juga ada kelemahan (kekurangan) sistem layanan terbuka ini
yaitu buku-buku yang ada kurang terpelihara dalam penyusunannya karena sering
diambil dan dikembalikan sekehendak pemakai, kemungkinan hilang dan rusak
sangat besar.
2. Sistem layanan tertutup (close access)
Sistem layanan tertutup
yaitu pemakai perpustakaan tidak boleh masuk ke ruang buku. Untuk memilih atau
meminjam buku terlebih dahulu harus menggunakan katalog yang tersedia kemudian
petugas yang akan mengambilkannya dan memprosesnya.
D. Evaluasi Perpustakaan Sekolah Negeri 1 Barona
Jaya
Ø Untuk
bagian pengadaan seharusnya pihak sekolah tidak hanya memperhatikan buku-buku
teks pelajaran tetapi juga harus mengadakan buku-buku refensi dan fiksi seperti.
Hal ini agar siswa lebih merasa betah dan tidak terlalu tegang dalam
perpustakaan dan juga agar hal ini sesuai dengan tujuan perpustakaan yang
menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi.
Ø Untuk
bagian pengolah dan penempatan buku tidak teratur, hal ini dikarena petugas
tidak merevisi kembali buku-buku yang ada dirak. Seharusnya setiap hari petugas
memperhatikan buku dirak dan disesuaikan dengan tempat yang seharusnya.
Ø Untuk
bagian sirkulasi masih menggunakan sistem catat, hal ini terlalu amat manual
dan dirasa sangat tidak efektif. Seharusnya perpustakaan harus membuat kartu
pustaka untuk siswa agar memudah kan siswa dan petugas dalam proses peminjaman
dan pengembalian buku.
Ø Hal
ini yang harus diperbaiki agar siswa sebagai pengguna perpustakaan seolah lebih
merasa lebih puas akan informasi dan layanan di perpustakaan seolah tersebut.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
dan Saran
Perpustakaan
sebagai pusat layanan iformasi harus memperhatikan layanan dan cakupan informasi
yang ada dalam perpustakaan tersebut. Hal ini harus diperhatikan agar lebih
menjamin kepuasan pengguna terhadap perpustakaan dan data meningkatkan
pengunjung ke perpustakaan.
DAFTAR PUSTAKA
Buyung
Basyir. Manajemen Perpustakaan dan Modal
Intelektual : Pengantar Manajemen Bahan Pustaka. Banda Aceh: Fakultas
Adab-IAIN Ar-Raniry, 2012.
Jenis
Layanan Perpustakaan. (2014). Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda)
Kabupaten Tegal. Dari: www.perpusarda.tegalkab.go.id. Diakses pada:
05 April 2014
Sulistyo
Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1993.
Try Septiyantono. Dasar-dasar Ilmu
Perpustakaan dan Informasi. Yokyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan
Informasi, Fakultas Adab, 2007.
No comments:
Post a Comment