Pages

Thursday, March 22, 2018

Bentuk Promosi Perpustakaan


Bentuk-Bentuk Promosi Perpustakaan
Bentuk promosi yang paling efektif dilakukan saat ini adalah bauran promosi. Menurut Kotler, bauran promosi adalah bauran promosi yang dilakukan dengan membaurkan empat alat penting dalam promosi, yaitu :
1.      Periklanan
Periklanan adalah sebuah promosi, gagasan, pesan-pesan kepada calon pengguna dengan mempergunakan media. Pesan tentang manfaat pruduk atau kebijaksanaan, promosi yang disampaikan kepada pelanggan dan calon pengguna itu disebut iklan. Pesan tersebut dapat disampaikan dengan tulisan, gambar diam, gambar hidup, suara ataupun kombinasi dari cara lain.
2.   Personal selling
Personal selling merupakan interaksi langsung kepada calon pengguna seperti melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesan-pesan dari calon pengguna. Personal selling bertujuan untuk :
a.  Mengadakan hubungan langsung dengan calon pengguna, sehingga dapat mengamati dari dekat karakteristik dan kebutuhan calon pengguna.
b.  Membina berbagai macam hubungan dengan pengguna, mulai dari hubungan transaksi hingga hubungan persahabatan yang erat.
c.  Mendapatkan tanggapan dari calon pengguna. Berbeda dengan pengiklanan, personal selling menyebabkan calon pengguna untuk lebih memperhatikan apa yang dikatakan produsen.
3.   Sales Promotion
Pengertian Sales Promotion ini banyak dikemukakan para ahli :
a)   Belch and Belch memberikan pengertian, Sales  Promotion merupakan aktivitas promosi yang memberikan keuntukan kepada produsen dan dapat meningkatkan volume transaksi dengan segera.
b)   Kotler, Sales Promotion merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong meningkatnya hasil dari produk atau jasa.
c)   Grawel and Levy, Sales Promotion merupakan insentif special atau program-program menarik yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk dan jasa tertentu.
Jadi Sales Promotion adalah aktivitas promosi yang terdiri dari insentif jangka pendek yang dilakukan untuk mendorong meningkatnya hasil produk dengan segera.
4.   Publicity
Publicity yaitu sejumlah informasi berhubungan tentang barang atau jasa yang disebarluaskan kepada masyarakat dengan cara membuat berita yang mempunyai arti komersial atau berupa penyajian lain yang bersifat positif. Dengan demikian suatu produsen dengan produknya dapat menjadi perhatian umum.
Publicity merupakan pelengakap yang efektif bagi alat promosi yang lain seperti periklanan, personal selling dan sales promotion. Biasanya media Pubicity suatu cerita apabila materinya dirasakan cukup menarik atau patut dijadikan berita. Bentuk-bentuk publicity seperti berita rutin dan artikel panjang atau liputan mendalam.
Menurut Usherwood didalam melakukan promosi pustkawan perlu mengetahui tentang prasangka masyarakat akan pelayanan perpustakaan. Ia menyatakan ada enam potensi daya tarik yang dapat dimanfaatkan dalam rangka melakukan promosi perpustakaan, yaitu :
a.    Daya tarik social
b.   Daya tarik prestise
c.    Daya tarik pertahanan hidup
d.   Daya tarik kesenangan
e.    Daya tarik egomaniak
f.    Daya tarik yang menakuti
Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa, promosi dan komunikasi merupakan suatu unsur yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan. Jika perpustakaan masih kecil dengan jumlah pengguna yang sedikit, kontak perorangan sudah memadai untuk memasarkan produk atau jasa perpustakaan. Akan tetapi jika perpustakaan sudah berkembang perlu memanfaatkan media promosi lain yang lebih efektif.



No comments:

Post a Comment