Bentuk-Bentuk Promosi Perpustakaan
Bentuk promosi yang paling efektif
dilakukan saat ini adalah bauran promosi. Menurut Kotler, bauran promosi adalah
bauran promosi yang dilakukan dengan membaurkan empat alat penting dalam
promosi, yaitu :
1. Periklanan
Periklanan adalah sebuah promosi, gagasan, pesan-pesan kepada
calon pengguna dengan mempergunakan media. Pesan tentang manfaat pruduk atau
kebijaksanaan, promosi yang disampaikan kepada pelanggan dan calon pengguna itu
disebut iklan. Pesan tersebut dapat disampaikan dengan tulisan, gambar diam,
gambar hidup, suara ataupun kombinasi dari cara lain.
Personal selling merupakan interaksi langsung kepada calon
pengguna seperti melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima
pesan-pesan dari calon pengguna. Personal selling bertujuan untuk :
a. Mengadakan hubungan
langsung dengan calon pengguna, sehingga dapat mengamati dari dekat
karakteristik dan kebutuhan calon pengguna.
b. Membina berbagai macam
hubungan dengan pengguna, mulai dari hubungan transaksi hingga hubungan
persahabatan yang erat.
c. Mendapatkan tanggapan
dari calon pengguna. Berbeda dengan pengiklanan, personal selling menyebabkan
calon pengguna untuk lebih memperhatikan apa yang dikatakan produsen.
3. Sales Promotion
Pengertian Sales Promotion ini banyak dikemukakan para ahli :
a)
Belch and Belch memberikan
pengertian, Sales Promotion merupakan aktivitas promosi yang memberikan
keuntukan kepada produsen dan dapat meningkatkan volume transaksi dengan segera.
b) Kotler, Sales Promotion merupakan insentif jangka pendek untuk
mendorong meningkatnya hasil dari produk atau jasa.
c) Grawel and Levy, Sales Promotion merupakan insentif special atau
program-program menarik yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian
produk dan jasa tertentu.
Jadi Sales Promotion adalah aktivitas promosi yang terdiri dari
insentif jangka pendek yang dilakukan untuk mendorong meningkatnya hasil produk
dengan segera.
4. Publicity
Publicity yaitu sejumlah informasi berhubungan tentang barang atau
jasa yang disebarluaskan kepada masyarakat dengan cara membuat berita yang
mempunyai arti komersial atau berupa penyajian lain yang bersifat positif.
Dengan demikian suatu produsen dengan produknya dapat menjadi perhatian umum.
Publicity merupakan pelengakap yang efektif bagi alat promosi yang
lain seperti periklanan, personal selling dan sales promotion. Biasanya media
Pubicity suatu cerita apabila materinya dirasakan cukup menarik atau patut
dijadikan berita. Bentuk-bentuk publicity seperti berita rutin dan artikel
panjang atau liputan mendalam.
Menurut Usherwood didalam melakukan promosi pustkawan perlu
mengetahui tentang prasangka masyarakat akan pelayanan perpustakaan. Ia
menyatakan ada enam potensi daya tarik yang dapat dimanfaatkan dalam rangka
melakukan promosi perpustakaan, yaitu :
a. Daya tarik social
b. Daya tarik prestise
c. Daya tarik pertahanan hidup
d. Daya tarik kesenangan
e. Daya tarik egomaniak
f. Daya tarik yang menakuti
Berdasarkan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa, promosi
dan komunikasi merupakan suatu unsur yang sangat penting dan tidak dapat
dipisahkan. Jika perpustakaan masih kecil dengan jumlah pengguna yang sedikit,
kontak perorangan sudah memadai untuk memasarkan produk atau jasa perpustakaan.
Akan tetapi jika perpustakaan sudah berkembang perlu memanfaatkan media promosi
lain yang lebih efektif.
No comments:
Post a Comment