Pages

Thursday, March 22, 2018

Makalah Pemeliharaan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan

BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Perpustakaan merupakan wadah bagi setiap informasi yang telah disajikan dalam berbagai bentuk bahan koleksi. Perpustakaan menjadi sarana penting dalam mewujudkan minat baca bagi setiap orang yang membutuhkan informasi. untuk menunjang kekayaan pengetahuan informasi. Salah satu kriteria penilaian layanan perpustakaan yang bagus adalah dilihat dari kualitas koleksinya. Koleksi yang dimaksud tentu saja mencakup berbagai format bahan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan alternatif para pemakai perpustakaan. Karna setiap perpustakaan harus memperhatikan pengguna di sekitarnya,apa yang sebenarnya yang di perlukan pengguna dan apa pekerjaan pengguna sekitar.
Pemilihan dan pengembangan koleksi di lakukan untuk memenuhi kebutuhan user, kita pun terlebih dahulu harus melihat dan memperhatikan siapa user kita, yang akan berdampak pada jenis-jenis perpustakaan. Karna setiap perpustakaan pasti berbeda user nyan dan begitu juga dengan koleksinya. 

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengembangan Koleksi Perpustakaan
Pada dasarnya tugas utama setiap perpustakaan ialah membangun koleksi yang kuat demi kepentingan pengguna perpustakaan. Pengembangan koleksi merupakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan penentuan dan koordinasi kebijakan seleksi, menilai kebutuhan pemakai, studi pemakaian koleksi, evaluasi koleksi, identifikasi kebutuhan koleksi, seleksi bahan pustaka, perencanaan kerjasama sumberdaya koleksi, pemeliharaan koleksi dan penyiangan koleksi perpustakaan.
Di setiap perpustakaan memang seharusnya ada kegiatan pengembangan koleksi,agar informasinya sesuai dengan penggunanya, dan terlebih dahulu juga kita harus menganalisa pengguna. Kegiatan tersebut memang seharusnya di terapkan di sebuah perpustakaan, Agar perpustakaannya makin berkembang.

B.   Mengenal Masyarakat Yang Dilayani
Apabila kita membicarakan masalah perpustakaan, kita mesti mempertimbangkan bagaimana kondisi masyarakat sekitarnya bisa mendapatkan sarana yang mudah untuk mengakses informasi dan ilmu pengetahuan melalui bahan-bahan bacaan, tanpa harus membeli.
Untuk mempersiapkan koleksi bahan pustaka sebuah perpustakaan di perlukan pengetahuan atas kebutuhan  bahan pustaka yang harus disediakan, oleh sebab itu harus di sesuaikan dengan kebutuhan sumber informasi masyarakat itu sendiri. Misalnya, apabila mata pencarian masyarakatnya bersangkutan dalam bidang pertanian, perikanan, industri rumah tangga, dan lain sebagainya, maka bahan pustaka yang harus di adakan sesuai dengan kebutuhan informasi mereka.
Dapat di katakan bahwa perpustakaan merupakan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan bahan bacaan mereka, sehingga perpustakaan merupakan tempat strategis dan demokratis yang menyediakan bahan pustaka untuk di gunakan sebagai sarana belajar mandiri.
Kalau kita bicara tentang sebuah perpustakaan Desa, seorang pustakawan harus mampu membuat pengguna memanfaatkan koleksi yang ada di perpustakaan desa tersebut. Dan pustakawan harus mampu melihat keadaan pengguna  dan menyediakan apa informasi yang mereka butuhkan. Sebuah perpustakaan desa pastinya bahan koleksi haruslah berkembang, karna pengguna perpustakaan menghendaki perkembangan koleksi untuk mampu mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan. Bila koleksi perpustakaannya tidak berkembang, perpustakaannya pasti akan di tinggalkan penggunanya. Maka dari itu kalau misalnya di suatu desa tersebut masyarakatnya ramai yang petani jadi koleksi harus di usakan banyak yang berhubungan dengan pertanian.
Untuk memberi layanan yang baik ke pada pengguna di sebuah perdesaan,maka koleksi perpustakaan haruslah di kembangkan sedemikian rupa. Perpustakaan desa sebagai salah satu usaha dan kegiatan masyarakat desa setempat. Jadi perpustakaan dapat merupakan salah satu sarana mencerdaskan bangsa. Karna dengan perkembang perpustakaan/koleksi suatu perpustakaan desa akan meningkatkan kemauan dan kemampuan membaca.

C.   Merancang Kebijakan pengembangan koleksi Perpustakaan
Dalam melaksanakan pengembangan koleksi perpustakaan Desa agar lebih terarah, sebaiknya harus ada ketentuan yang jelas, apa tugas dan tujuan dari perpustakaan desa tersebut. Kebijakan tersebut antara lain mengenai masalah :
1.   Kebijakan tentang pelayanan
ü  Jam masuk/hari buka
Kita harus membuat kebijakan mengenai jam berapa di bukanya perpustakaan, sampai jam berapa,dan juga hari apa saja di bukanya perpustakaan tersebut.
ü  Batas waktu peminjaman buku
Setiap buku yang di pinjam di buat batas peminjamannya, agar lebih terdisiplin dan koleksi tetap terjaga.  Misalkan saja aturan batas waktunya satu minggu.
ü  Denda
Kalau misalkan bukunya telat di kembalikan atau lebih dari batas waktu yang di berikan, maka pengguna berikan sanksi yaitu berupa denda.
ü  Makanan, Tas
Membuat tempat penyimpanan tas yang lebih aman dan melarang membawa makanan (memakan makanan) di dalam ruangan bacaan.
Kebijakan ini dibuat demi menjaga kenyamanan dan kebersihan agar terhindar dari sampah-sampah/sisa makan. Begitu juga dengan tas, agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.
2.   Pengadaan koleksi
Pengadaan buku/koleksi bisa melalui:
ü  Pembelian
ü  Tukar menukar
ü  Hadiah

3.   Seleksi dan Evaluasi
Setelah di adakan koleksi, pustakawan juga harus menyeleksi lagi bahan koleksi yang sudah di adakan tersebut, agar sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh pengguna perpustakaan desa yang bersangkutan. Kemudian setelah semuanya selesai di seleksi perlu juga di evaluasi lagi, apa kah koleksinya sudah tepat sasaran atau belum.

BAB III
PENUTUP 
Kesimpulan
Pengembangan koleksi merupakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan penentuan dan koordinasi kebijakan seleksi, menilai kebutuhan pemakai, studi pemakaian koleksi, evaluasi koleksi, identifikasi kebutuhan koleksi, seleksi bahan pustaka, perencanaan kerjasama sumberdaya koleksi, pemeliharaan koleksi dan penyiangan koleksi perpustakaan.
Untuk mempersiapkan koleksi bahan pustaka sebuah perpustakaan desa di perlukan pengetahuan atas kebutuhan bahan pustaka yang harus disediakan, oleh sebab itu harus disesuaikan dengan kebutuhan sumber informasi masyarakat tersebut. Perhatikan siapa user yang di sekitarnya, apa pekerjaannya, jadi bahan koleksi yang harus di sediakan sesuai/mengarah dengan apa yang di butuhkan. 

DAFTAR PUSTAKA
Encang Saepudin, http://encangsaepudin.wordpress.com/2009/04/24/kebijakan-seleksi-guna-mendukung-kegiatan-pengembangan-koleksi/,2009.
Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.
Supriyanto, dkk,  Aksentuasi Perpustakaan Dan Pustakawan, Jakarta: Sagung Seto, 2006.
Try Septiyantono. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yokyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab, 2007.

No comments:

Post a Comment